Bank Sentral Rusia, Cina, & India Bakal Terbitkan Kripto Sendiri


Harga Bitcoin naik pada hari Senin, meskipun laporan menyebutkan Bank Rakyat China (PBOC) kemungkinan akan mengambil tindakan lebih lanjut terhadap mata uang kripto. Sebelumnya, bank sentral Rusia dan India lebih dulu mengeluarkan pernyataan tentang mata uang kripto.
Bitcoin diperdagangkan pada $7,122.7 pukul 11.05 WIB di bursa Bitfinex, meningkat 2,2% selama 24 jam sebelumnya.
Ethereumcryptocurrency terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, melonjak 5,2% ke $409,8 pada pertukaran Bitfinex.
Koin Ripple XRP telah naik 3,6% menjadi $0,50587 di bursa Poloniex.
Sementara itu, Litecoin juga melonjak 3,6% menjadi $121,07.
PBOC China mengungkapkan akan mengambil tindakan lebih lanjut terhadap mata uang kripto di negara itu, laporan selama akhir pekan mengungkapkan. Selain itu, bank sentral Cina tersebut sedang melakukan penelitian untuk mengembangkan mata uang digitalnya sendiri, wakil gubernur dari PBOC Fan Yifei mengatakan.
“Pertama, kami akan mengintensifkan reformasi dan inovasi untuk mempromosikan penelitian dan pengembangan mata uang digital bank sentral; Kedua, bank harus memperkuat pengawasan dan memperbaiki semua jenis mata uang virtual,” ujar Fan.
Sementara itu, direktur jenderal riset keuangan PBOC, Sun Guofeng, mengatakan uang tunai tradisional memiliki dampak buruk pada tingkat suku bunga ekonomi dan mata uang kripto yang dikeluarkan bank sentral akan memperkuat langkah-langkah suku bunga. Sun kemudian mendesak bank sentral untuk mempercepat upaya Riset & Penelitian agar bisa mengembangkan mata uang digital tersebut.
"Dalam jangka panjang, karena tingkat bunga alami yang lebih rendah, otoritas moneter dapat memasukkan kebijakan suku bunga negatif ke dalam kotak alat kebijakan moneter normal," jelas Sun Guofeng.
"Sementara mata uang digital bank sentral kondusif untuk pelaksanaan kebijakan suku bunga negatif, bank sentral harus mempercepat pengembangan bank sentral yang menerbitkan mata uang digital," tambah Sun.
Sebelumnya, Bank Sentral India juga telah mengumumkan laporan yang mengungkapkan bahwa RBI akan menerbitkan mata uang kripto sendiri dalam penelitian dan riset yang lebih mendalam. Dan dalam berita sebelumnya, hal ini pun juga akan dilakukan oleh bank sentral Rusia.

Artikel ini dikutip dari :

Subscribe to receive free email updates: